Monday, March 28, 2011

Langkah Awal Membangun Kekuatan SEO


1. Content adalah Raja.
Kualitas jari jemari anda dalam menari-nari di atas keyboard sangatlah penting. Artikel yang anda tulis merupakan faktor yang menentukan kualitas blog anda di atas segala hal.


Lalu bagaimanakah kontent yang baik itu? Konten yang baik haruslah sejalan dengan tema atau topik pembahasan blog anda, selain itu juga harus mengandung keyword (yang anda targetkan) yang tersebar dalam artikel anda. Selain itu, jumlah kata yang dikandung sebaiknya antara 700-1000 kata (baca : Jumlah Kata Yang Ideal Dalam Satu Artikel). Konten yang berkualitas sangat membantu para blogger untuk menarik perhatian para pembaca. Kemudian pembaca yang tertarik dengan cara anda menulis biasanya akan kembali lagi untuk membaca artikel anda yang lain. Maka seiring berputarnya waktu trafik anda akan bertambah dan otomatis akan membantu menentukan posisi anda pada mesin pencari seperti google.

2. Mengetahui Apa Yang di Cari Orang.
Dalam menulis suatu artikel, Anda harus mempertimbangkan kata- kata apa yang mungkin dicari oleh orang-orang melalui mesin pencari untuk menemukan artikel yang Anda tulis. Setelah Anda tahu kata (keyword) apa yang mungkin mereka masukkan pada mesin pencari, maka anda akan segera mendapatkan posisi terbaik. Trik ini sering di sebut dengan topik musiman. Misalnya saja saat akan lebaran, akan sangat baik jika anda menulis tentang "sms lebaran".

3. Judul Artikel.
Mesin pencari seperti Google sangat memperhatikan judul artikel. jadi pastikan Anda menulis judul artikel dengan benar dan sesuai dengan isi artikel anda. Selain itu, pastikan anda menulis judul tidak lebih dari 62 karakter. Karena jika judul anda lebih dari 62 karakter, maka akan ada karakter yang terbuang dalam hasil cari google. Usahakan juga agar karakternya mendekati 62 karakter agar keyword yang di hasilkan menjadi banyak dan beranekaragam.

4. Link Terkait ke posting lain.
Di dunia blogosphere, ada 3 jenis link pada sebuah artikel yaitu link dari luar, link keluar, dan link internal dengan posting lain pada blog anda. Sebaiknya, link keluar blog anda di minimalisir sekecil mungkin. Kalaupun harus memasang link keluar, sebaiknya di imbangi dengan link internal terhadap artikel anda.

Usahakan juga di setiap postingan Anda di bubuhi link ke berbagai artikel lain yang relevan dan memiliki keterkaitan agar pembaca dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang artikel Anda.

6. Link dari luar Blog Anda.
Link dari situs lain yang mengarah kepada blog anda adalah kunci SEO. tetapi ini adalah sesuatu hal yang tidak mudah didapatkan.apalagi untuk link yang berkualitas. Mulailah untuk menghubungkan blog lain ke blog anda dengan cara memberi komentar pada blog yang relevan, terutama blog dofollow. Link dari berbagai situs sosial bookmark memang tidak berpengaruh terhadap Pagerank blog anda, tetapi situs social bookmark (seperti lintasberita, digg, dll) memberikan jalan bagi orang untuk mengakses situs Anda dan mereka membantu dalam hal SEO.

7. Plugins SEO (khusus pengguna Wordpress).
saya adalah blogger yang sangat jarang melakukan blogwalking (keterbatasan perangkat yang menyebabkannya), namun bagi anda yang juga jarang blogwalking, maksimalkanlah plugin blog anda. Karena blogwalking juga memiliki kekurangan dan dalam beberapa hal plugin ternyata lebih unggul. Jadi, cari dan gunakan plugin yang berkaitan dengan SEO

0 komentar:

Post a Comment